Selasa, 20 April 2010

ANALISIS KRITIS LITERATUR KIMIA
Judul Artikel ; Perbaikan Pembelajaran Rumpun Mata Kuliah Analitik Melalui Pendekatan CTL
Penulis : Anna Juniar
Jurusan : Kimia FPMIPA UNIMED
NO Aspek Penilaian Skala Nilai Indikator penilaian Hasil analisis
5 4 3 2 1
1 Kapasitasnya sebagai rujukan ilmiah  5. Diterbitkan dalam jurnal internasional
4. Diterbitkan dalam jurnal nasional
3. Diterbitkan dalam jurnal ber-ISSN
2. Dituliskan dalam bentuk skripsi/tesis/disertasi
1. Dituliskan dalam bentuk artikel yang tidak dipublikasi Jika dilihat dari keilmiahan dalam kapasitasnya sebagai rujukan masih kurang lengkap karena kutipan yang digunakan masih hanya terbatas pada kutipan dari dalam negeri saja dan belum menggunakan kutipan dari luar negeri berupa jurnal internasional. Dan tulisan ilmiah ini hanya diterbitkan dalam jurnal ber-ISSN
2 Sumber tulisan  5. Sumber tulisan berasal dari disertasi, tesis, skripsi, wacana dan buku teks
4. Sumber tulisan berasal dari disertasi, tesis, skripsi, wacana dan buku teks
3. Sumber tulisan berasal dari tesis, skripsi, wacana dan buku teks
2. Sumber tulisan berasal dari skripsi, wacana dan buku teks
1. Sumber tulisan berasal dari wacana dan buku teks Jika dilihat dari keilmiahannya dalam kapasitasnya sebagai sumber tulisan maka tulisan ini termasuk kedalam tulisan penelitian karena memang berdasarkan penelitian untuk mendapatkan data-datanya
3 Pengembangan ilmu  5. Dapat dikembangkan dalam pembelajaran semua bidang ilmu
4. Dapat dikembangkan dalam pembelajaran bidang IPA
3. Dapat dikembangkan dalam pembelajaran bidang ilmu kimia
2. Dapat dikembangkan dalam pembelajaran satu pokok bahasan kimia
1. Dapat dikembangkan dalam pembelajaran sub pokok bahasan kimia Jika dilihat dari sisi pengembangan ilmu maka jurnal ini masih banyak yang harus ditambahkan supaya benar-benar dapat digunakan untuk pengembangan ilmu karena sifatnya lebih spesifik khusus untuk membahas satu pokok bahasan saja
4 Penerapan  5. Dapat diterapkan dalam pembelajaran semua bidang ilmu
4. Dapat diterapkan dalam pembelajaran bidang ilmu eksakta / IPA
3. Dapat diterapkan dalam pembelajaran bidang ilmu kimia
2. Dapat diterapkan dalam pembelajaran satu pokok bahasan kimia
1. Dapat diterapkan dalam pembelajaran sub pokok bahasan kimia Dalam penerapannya penulisan ini sudah sangat baik karena penerapannya sudah langsung dilakukan ditempat dimana memang dilakukan penerapannya
5 Penelitian dan manfaatnya  5. Dapat dilakukan penelitian terhadap semua bidang ilmu dan bermanfaat bagi perkembangan bidang ilmu tersebut khususnya dalam pembelajaran
4. Dapat dilakukan penelitian terhadap bidang ilmu IPA dan bermanfaat bagi perkembangan bidang ilmu tersebut khususnya dalam pembelajaran
3. Dapat dilakukan penelitian terhadap bidang ilmu kimia dan bermanfaat bagi perkembangan bidang ilmu tersebut khususnya dalam pembelajaran
2. Dapat dilakukan penelitian terhadap pokok bahasan kimia dan bermanfaat bagi perkembangan bidang ilmu tersebut khususnya dalam pembelajaran
1. Dapat dilakukan penelitian terhadap sub pokok bahasan dan bermanfaat bagi perkembangan bidang ilmu tersebut khususnya dalam pembelajaran Hasil penelitian ini dapat bermanfaat hanya untuk dosen-dosen yang terkait di dalamnya tetapi kurang bermanfaat secara umum karena penelitiannya bersifat sangat spesifik sekali
6 Penulisan dan lintas penulis  5. Ditulis oleh seorang profesor doktor
4. Ditulis oleh seorang doktor
3. Ditulis oleh seorang magister
2. Ditulis oleh seorang sarjana
1. Ditulis oleh masyarakat umum Dari sisi penulis dan lintas penulis maka tulisan ini sangat ilmiah sekali karena merupakan masukan bagi dosen-dosen bagaimana cara mengajar kimia analitik yang tepat dengan metode yang baik guna meningkatkan hasil belajar siswa dan tulisan ini ditulis oleh seorang dokter
7 Format  5. Memiliki komponen judul & identitas, abstrak & kata kunci, pendahuluan & studi pustaka, Metodologi, hasil & pembahasan, Kesimpulan & saran, ucapan terima kasih, daftar pustaka.
4. Memiliki komponen judul & identitas, abstrak & kata kunci, pendahuluan & studi pustaka, Metodologi, hasil & pembahasan, Kesimpulan & saran, daftar pustaka.
3. Memiliki komponen judul & identitas, abstrak, pendahuluan & studi pustaka, Metodologi, hasil & pembahasan, Kesimpulan & saran, daftar pustaka.
2. Memiliki komponen judul & identitas, abstrak & kata kunci, pendahuluan & studi pustaka, hasil & pembahasan, Kesimpulan & saran, daftar pustaka.
1. Memiliki komponen judul & identitas, abstrak, pendahuluan & studi pustaka, hasil & pembahasan, Kesimpulan & saran Dari sisi format penelitian ini sudah mendapatkan revisi dari tim penyadurnya sehingga formatnya sudah sesuai dengan standar yang ada di jurnal pendidikan yaitu terdiri dari judul, identitas abstrak, kata kunci, pendahuluan dan studi pustaka, metodologi hasil dan pembahasan, kesimpulan dan tidak mempunyai saran juga tidak mempunyai ucapan terim,a kasih dan mempunyai daftar pustaka.
8 Kaidah penulisan (judul, abstrak, sub judul, kebahasaan)  5. Standar, menarik, singkat, bermakna, mudah dipahami, spesifik
4. Standar, menarik, singkat, bermakna, mudah dipahami
3. Standar, menarik, singkat, mudah dimengerti
2. Standar, singkat dan mudah dimengerti
1. Standar, singkat dan spesifik Dari kaidah system penulisan maka sudah sangat baik karena sudah mengikuti peraturan yang ditentukan dalam pembuatan jurnal yang dikeluarkan berdasarkan peraturan yang ada
9 Ketajaman  5. Dibahas secara tajam dan sesuai dengan tujuan penelitian dan fokus pada permasalahan
4. Dibahasa cukup tajam dan mengembang tetapi masih fokus pada permasalahan
3. Dibahas cukup kurang tajam tetapi fokus pada permasalahan
2. Dibahas tidak tajam tetapi sesuai dengan permasalahan
1. Dibahas tidak tajam dan tidak sesuai dengan permasalahan Jika dilihat dari sisi ketajaman penelitian ini sudah sangat tajam untuk tinngkat jurnal yang ber ISSN tetapi perlu ditambahkan lagi latar belakang mengapa penelitian itu dilakukan
10 Kedalaman  5. Dibahas secara terperinci dan sesuai dengan tujuan penelitian dan fokus pada permasalahan
4. Dibahasa cukup terperinci dan mengembang tetapi masih fokus pada permasalahan
3. Dibahas cukup kurang terperinci tetapi fokus pada permasalahan
2. Dibahas tidak terperinci tetapi sesuai dengan permasalahan
1. Dibahas tidak terperinci dan tidak sesuai dengan permasalahan Kedalamnya untuk tingkat penelitian sudah sangat baik karena sudah sesuai dengan kaidah yang ada dalam penelitian yang seharusnya diikuti aturanya
11 Keluasan lingkupan pembahasan  5. Dibahas secara detail/terperinci dan sesuai dengan tujuan penelitian dan fokus pada permasalahan
4. Dibahasa cukup detail/terperinci dan mengembang tetapi masih fokus pada permasalahan
3. Dibahas cukup kurang detail/terperinci tetapi fokus pada permasalahan
2. Dibahas tidak detail/terperinci tetapi sesuai dengan permasalahan
1. Dibahas tidak detail/terperinci dan tidak sesuai dengan permasalahan Keluasan lingkupan bahasan sangat kurang sekali karena pada pembahasan hanya diterangkan hasil penelitian berupa angka-angka yang kurang tepat jika dihubungkan dengan kaitan dari judulnya yang belum sepeuhnya berkaitan dengan inti dari jurnal tersebut.
12 Latar belakang  5. Dibuat berbentuk alur cerita, singkat, rasional, mudah dimengerti dan sederhana
4. Dibuat berbentuk alur cerita, singkat, rasional, mudah dimengerti dan berlebihan
3. Dibuat berbentuk alur cerita, singkat, rasional, sukar dimengerti dan berlebihan
2. Dibuat berbentuk alur cerita, singkat, tidak rasional, sukar dimengerti dan berlebihan
1. Dibuat berbentuk alur cerita, tidak rasional, sukar dimengerti dan berlebihan Latar belakang dari jurnal ini sudah cukup kuat untuk suatu penelitian tetapi belum pas untuk mencapai kesempurnaan dalam jurnal ilmiah
13 Metodologi  5. Membahas tentang prosedur penelitian singkat, cara mendapatkan data, cara menganalisis data, dan cara pengambilan sampel
4. Membahas tentang prosedur penelitian singkat, cara mendapatkan data, cara menganalisis data
3. Membahas tentang prosedur penelitian singkat, cara mendapatkan data
2. Membahas tentang prosedur penelitian singkat
1. Tidak menuliskan metodologi penelitian Metologinya sudah sangat tepat dan sesuai untuk tingkat penelitian pada jurnal pendidikan kimia yang ada di UNIMED
14 Hasil dan diskusi  5. Disajikan secara hati-hati, jelas, lengkap, mudah dimengerti, ada bukti berupa data pendukung
4. Disajikan secara hati-hati, jelas, lengkap, mudah dimengerti
3. Disajikan secara hati-hati, jelas, lengkap, sukar dimengerti
2. Disajikan secara hati-hati, jelas, tidak lengkap, sukar dimengerti
1. Disajikan secara hati-hati, kurang jelas, tidak lengkap, sukar dimengerti Pada hasil dan pembasan sudah baik tetapi belu sempurna karena belum terkait antara hasil dan pembahasanya secara mendalam dan hanya berupa uraian sederhana saja.
15 Kesimpulan  Kesimpulan yang diambil sesuai dengan data yang diperoleh berdasarkan persentase terbanyak dari responden Kesimpulannya sudah tepat dan padat juga tidak
J u m l a h 66
Nilaia rata-rata 66/15 = 4,4

KRITERIA PENILAIAN
0 – 1 Sangat kurang
1 – 2 Kurang
2 – 3 Cukup
3 – 4 Baik
4 – 5 Baik sekali

KESIMPULAN
Artikel ini baik sekali karena memenuhi kriteria keilmiahan ditinjau dari segi rujukan, sumber tulisan, pengembangan ilmu, penerapan dan kemanfaatannya, format dan kaidah penulisan, kedalaman dan keluasan lingkup pembahasan. Juga sudah diterbitkan di jurnal kimia Pasca Sarjana dengan berstandar ISSN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar